Breaking News

Deteksi Awal Kerusakan Sistem Injeksi dari Lampu Indikator

Pada sepeda motor Honda lampu indikator tersebut disebut MIL (Mulfunction Indicato Lamp), Ketika sistem injeksi normal atau tidak ada kerusakan. MIL akan menyala pada saat kunci kontak dihidupkan, lalu kemudian mati kembali.
Tapi ketika sistem injeksi tidak normal atau ada kerusakan, maka MIL akan berkedip memberikan kode. Jumlah kedipan itu memberikan pesan, kerusakan yang terjadi sehingga pengendara mengerti akan kerusakan pada sistem injeksinya.
MIL memiliki dua jenis kedipan dalam memberikan kode adanya kerusakan pada sistem injeksi, yaitu kedipan pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang. MIL berkedip pendek artinya satu atau bisa hitung satu kedipan. Sedangkan MIL berkedip panjang berarti 10 atau bisa dihitung bilang 10, jika dua atau lebih kode keruskaan yang terdekteksi maka MIL akan memberikan semua jumlah kedipan secara berulang-ulang” bilang Yudi Heriyadi, Manager Technical Develompent PT. Daya Adicipta Mustika (DAM) ketika memberikan materi sharing knowledge teknologi Honda dengan jurnalis di Bandung.
Berikut adalah jumlah kedipan MIL dan kode kerusakan pada sensor sistem PGM-FI:
1 kedipan
Kedipan satu ini memberikan sinyal bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) mengalami trouble. MAP sendiri dipasang untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Sehingga ketika listrik mengalir melalui variable resistor, voltase berubah berdasarkan pada tekanan yang dideteksi dan voltase yang dihasilkan dipakai sebagai sinyal pengeluaran dari MAP. Sementara ECM menerima sinyal pengeluaran dari sensor sebagai voltase yang berubah-ubah. Nah, berarti MAP ini berfungsi untuk mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika MAP ini bermasalah maka, MIL akan memberikan sinyal berupa kedipan satu kali secara berulang-ulang. Tapi anda tidak harus khawatir karena mesin tetap akan beroperasi secara normal, namun ada baiknya jika anda cepat mendatangi AHASS atau bengkel resmi Honda untuk menanggulangi kerusakan pada MAP.
7 kedipan
Ketika sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT) mengalami trouble maka MIL akan memberikan kode 7 kali kedipan.
Sensor EOT dan ECT dipasang pada motor yang disesuaikan dengan metode pendingingan mesin. ECT ditempelkan pada motor dengan pendinginan radiator (cairan pendingin), sementara EOT dipasang pada motor berpendingin udara.
EOT dan ECT akan mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai tambahan thermistor. ECM menerima sinyal elektrik dari sensor tersebut sebagai voltase yang berubah-ubah dan ECM akan menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga fungsi EOT dan ECT adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu mesin. Jika sensor ini bermasalah maka efek yang akan dirasakan adalah mesin motor susah menyala ketika suhu rendah.
8 kedipan
Kedipan ini memberikan sinyal bahwa sensor Throttle Position (TP sensor) pada motor anda bermasalah. TP sensor dipasang pada sumbu yang sama dengan throttle valve dan memakai variable resistor yang tahanannya berubah berdasarkan bukaan throttle valve.
Sehingga fungsi TP sensor ini untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Nah, ketika TP sensor ini bermasalah maka MIL akan memberikan pesan dengan berkedip sebanyak 8 kali. Jika TP sensor ini bermasalah maka anda akan merasakan akselerasi mesin yang tidak enak.
9 kedipan
Kedipan ini untuk mendeteksi sensor Intake Air Temperature (IAT) yang bermasalah. IAT dipasang untuk membantu mengubah perbandingan udara dan bahan bakar tergantung pada suhu dari udara pada intake.
Sehingga IAT sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu pada inlate pipe intake. Nah, ketika MIL berkedip 9 kali yang menandakan IAT sensor bermasalah, maka motor anda tidak ada gejala apapun yang bisa anda rasakan. Namun ada baiknya jika anda menghubungi AHASS terdekat untuk membetulkan kerusakan pada IAT sensor.
12 kedipan
Kedipan yang berjumlah 12 kali ini menunjukkan bahwa injektor pada motor anda bermasalah. Injektor bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold.
Jika injektor yang nempel pada throttle body bermaslah maka mesin motor anda tidak akan menyala. Karena tidak adanya asupan bahan bakar yang disalurkan ke dalam ruang bakar.
21 kedipan
21 jumlah kedipan yang diberikan oleh MIL membawa pesan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor anda mengalami kerusakan. Sensor O2 ini terpasang pada bagian pembuangan di head silinder. Permukaan luar dari sensor berhubungan langsung terhadap gas buang dan permukaan dalam berhubungan langusng terhadap udara atmosfir.
Sehingga fungsi sensor O2 ini adalah untuk memperbaiki campuran udara/bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen yang dikandung di dalam gas buang. Ketika sensor O2 ini bermasalah, maka tidak ada gejala apapun yang terasa di dalam mesin motor anda, namun jumlah kedipan sebanyak 21 kali memberikan saran agar anda lebih baik segera mendatangi AHASS terdekat untuk membetulkannya.
29 kedipan
Kedipan ini mendeteksi sensor Idle Air Control Valve (IACV) yang bermasalah. IACV mengatur jumlah aliran udara pada putaran stasioner, pengaturan tersebut melalui throttle valve dengan mengoperasikan slide valve sesuai dengan sinyal pemasukan dari ECM agar dapat mempertahankan putara stasioner mesin yang ditentukan standar.
Pengendali ini secara otomatis mengatur kecepatan putaran stasioner mesin. Dengan mekanisme ini, maka kecepatan putaran stasioner mesin tidak perlu diperiksa atau disetting. Ketika MIL berkedip 29 kedipan ini maka mesin motor anda akan sulit dihidupkan.
33 kedipan
Kedipan ini sinyal bahwa Engine Control Module (ECM) merupakan nama lain dari Engine Control Unit (ECU) bermasalah. ECU bekerja dengan cara memonitoring sinyal-sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersebar di mesin. Melalui sinyal-sinyal yang diterima oleh ECU dari sensor, Engine Control Unit akan melakukan perhitungan dan menggunakan peta kinerja multidimensi (look-up table) untuk menemukan kombinasi air, udara dan bahan bakar yang harus digunakan untuk mencapai kinerja mesin yang diminta.
54 kedipan
54 kedipan ini mendeteksi bahwa Bank Angle Sensor pada motor anda bermasalah. Bank Angle Sensor tugasnya memberikan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Jika motor terjatuh, secara otomatis memutuskan kerja PGM-FI maka mesin motor akan mati.
Jika Bank Angle Sensor ini bermasalah maka mesin motor anda tidak akan hidup. Karena injector, fuel pump dan ignition coil dimatikan oleh sensor tersebut.
Perlu diperhatikan bahwa semua sepeda motor Honda tidak memiliki semua sensor yang ditempelkan pada sepeda motor. Tapi semua sepeda motor Honda yang mengadopsi injeksi memiliki MIL yang terdapat pada cluster meter. Dan MIL tersebut akan memberikan sinyal yang kedipannya sama dengan semua motor Honda.

About rmadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *